Agar Rambut Sehat Meski Berhijab

Akhir-akhir ini dunia fashion mulai merambah kedalam aspek agama islam. Mengenakan pakaian tertutup atau yang diberi istilah modis (mode islami) makin kesini makin ramai, tak jarang juga para pemerhati penampilan mencoba mengenalkan cara bergaya dengan hijab. Namun, disini kita tidak membahas lebih jauh tentang fashion sebab ada hal lain yang lebih penting untuk Anda (para wanita muslimah yang berhijab) ketahui, yaitu bagaimana caranya agar rambut tetap sehat meski berhijab.

merawat rambut berhijab
(gambar : dewi-sandra.com)

Minimnya pengetahuan tentang kesehatan, khususya tips perawatan membuat wanita muslimah yang lebih pede dengan hijabnya mengeluhkan berbagai masalah yang kaitannya soal rambut. Memang, masalah dengan rambut lebih rentan menyerbu kaum hawa yang berhijab. Sebab, problem tersebut bermunculan akibat terjadinya infeksi pada daerah folikel rambut yang disebabkan oleh jamur. Jamur ini bisa berkembang biak dengan akibat kekurangan pasokan udara, dan tentunya wanita yang berhijab lebih sulit memasok udara kebagian rambutnya karena terhalang oleh serat kain bahan jilbab.

Hal tersebut jangan Anda jadikan penghalang untuk berhijab, sebab berikut ini akan ada kabar baik untuk Anda, yaitu tips perawatan rambut agar tetap sehat meski berhijab.

Rambut dalam keadaan kering

Sebelum mengenakan hijab, pastikan rambut Anda kondisinya kering dan selalu kering. Karena jika masih basah (mungkin sebelumnya Anda keramas) bisa membuat rambut jadi gatal, berketombe, mengeluarkan aroma tak sedap dan hal yang merugikan rambut Anda lainnya.

Pintar-pintar pilih jilbab

Jangan terpincut dengan jilbab yang murah, karena bisa saja bahan kainnya yang panas dan tidak bisa membiarkan sedikit udara masuk untuk menyejukkan rambut. Cara yang benar dalam memilih jilbab adalah berbahan dasar kaos dan katun karena bisa menyerap keringat.

Ganti jilbab

Setidaknya Anda mengoleksi jilbab dengan berbagai variasi, model dan warna, namun tetap berbahan dasar katun atau kaos. Karena jika satu jilbab digunakan terlalu sering dan jarang dicuci bisa membuat bakteri menempel pada bahan jilbab yang nantinya memicu berbagai kerusakan rambut.

Istirahatkan rambut

Rambut juga sama seperti manusia yang butuh istirahat dengan mati sejenak alias tidur. Setelah seharian lamanya Anda menutupi rambut dengan mengenakan jilbab, pasti rambut butuh udara segar agar tetap indah dan sehat. Caranya adalah melepas jilbab Anda ketika berada dirumah sepulangnya dari aktifitas di luar.

Itulah tips perawatan agar rambut tetap sehat meski berhijab yang juga sedikit menyinggung dunia fashion.

Dengan berhijab Anda tidak hanya menjalankan perintah Allah untuk menutupi aurat, melainkan membuat penampilan Anda jauh lebih anggun meski berpakaian tertutup.

 

Reply